Selasa, 2 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Buruh Migran

495 TKI Bermasalah Berhasil Dipulangkan

Selasa, 5 Juni 2012 | 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang dua bulan terakhir, 7 April-3 Mei 2012, sebanyak 495 tenaga kerja Indonesia di Arab Saudi berhasil dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap dengan menggunakan sejumlah maskapai penerbangan internasional. Para TKI tersebut dipulangkan lantaran mengalami sejumlah masalah, terutama dengan para majikan yang mempekerjakan mereka.

Dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri, Selasa (5/6/2012), disebutkan sejumlah masalah, seperti gaji yang tidak dibayarkan, pekerjaan yang tidak sesuai kontrak kerja, majikan yang melakukan kekerasan, atau TKI yang bersangkutan sakit, yang menjadi penyebab konflik.

Dalam catatan pihak Kedutaan Besar RI di Riyadh, kebanyakan TKI yang menemui masalah itu datang ke KBRI untuk meminta perlindungan. Oleh KBRI, mereka lalu ditempatkan di rumah penampungan sementara untuk kemudian dipulangkan ke Tanah Air. Hingga saat ini, masih ada 208 TKI yang menunggu proses pemulangan.

Lebih lanjut, keberhasilan pemulangan para TKI yang tengah bermasalah itu juga dilakukan dengan terlebih dahulu mengupayakan hak-hak mereka. Pihak KBRI mencatat mereka berhasil mengupayakan hak-hak itu senilai 358.709 dollar AS atau setara dengan Rp 3,3 miliar.

Oleh KBRI, upaya penanganan penyelesaian masalah yang dihadapi para TKI diusahakan bisa berlangsung secepat dan seefisien mungkin demi meningkatkan usaha perlindungan terhadap mereka.


Penulis: Wisnu Dewabrata
Editor : Marcus Suprihadi