Jumat, 29 Agustus 2014

News / Nasional

Pemekaran Wilayah

DPR-Pemerintah Bahas 19 Daerah Pemekaran Baru

Selasa, 5 Juni 2012 | 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan bahwa besok, Rabu (6/6/2012) pukul 15.00 WIB, pemerintah dan Komisi II DPR akan melakukan pembahasan 19 daerah pemekaran baru, mulai dari kabupaten hingga provinsi.

Pembahasan akan dilakukan di Ruang Rapat Komisi II Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

"Pemerintah akan diwakili oleh tiga menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo," ujar Djohermansyah kepada Kompas, Selasa (5/6/2012) siang ini.

Menurut mantan Deputi Politik Sekretariat Wakil Presiden M Jusuf Kalla itu, meskipun kebijakan moratorium atau penundaan pemekaran daerah baru belum dicabut pemerintah, ada 19 usulan daerah pemekaran baru di antaranya provinsi Kalimantan Utara yang diajukan.

"Karena adanya desakan, pemerintah akhirnya mengakomodasi pembahasannya. Namun, belum tahu seperti apa hasilnya nanti," tuturnya.

Terkait pemekaran daerah, pemerintah dan DPR juga tengah membahas revisi Undang-Undang Pemerintah Daerah agar bisa mengakomodasi rencana pemekaran daerah baru.


Penulis: Suhartono
Editor : Thomas Pudjo Widijanto