Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadel Diperiksa di Kejati Gorontalo

Kompas.com - 05/06/2012, 02:58 WIB

GORONTALO, KOMPAS - Mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad diperiksa di kantor Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Senin (4/6), di Gorontalo. Pemeriksaan ini terkait kasus korupsi pengadaan alat kesehatan di RSUD Aloei Saboe tahun 2004 dan dana Sisa Lebih Penggunaan Anggaran APBD Provinsi Gorontalo 2001. Dalam kasus dana Silpa 2001, Fadel berstatus tersangka.

Fadel diperiksa sejak pukul 09.00 hingga 13.30 Wita dan menerima sekitar 20 pertanyaan dari penyidik. Seusai diperiksa, Fadel mengatakan kepada wartawan, dirinya sama sekali tak terlibat dalam kedua kasus tersebut. Ia mengatakan sudah menjelaskan kedudukannya dalam kedua perkara itu kepada penyidik. Saat kedua kasus itu terjadi, Fadel menjabat Gubernur Gorontalo.

”Untuk kasus pengadaan alat kesehatan tahun 2004, saya diperiksa sebagai saksi. Sudah saya jelaskan posisi dan keputusan yang saya ambil pada kasus ini saat menjabat sebagai gubernur. Tidak ada satu pun terkait dengan saya. Begitu juga dengan dana Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) senilai Rp 5,4 miliar, saya sama sekali tidak bersalah,” ujar Fadel.

Dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan itu, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo menetapkan dua tersangka, yakni mantan Kepala Dinas Provinsi Gorontalo Thamrin Podungge serta Richard selaku pelaksana pengadaan alat dari pihak ketiga. Richard sudah divonis empat tahun penjara.

”Untuk kasus atas nama Richard, kami mengajukan banding dan saat ini masih dalam proses. Adapun kasus yang atas nama Thamrin Podungge, yang bersangkutan belum kami periksa karena sakit dan saat ini dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta,” ujar Asisten Pidana Khusus Kejati Gorontalo Muhammad Sunarto. (APO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com