Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Pulau Bunga yang Membius

Kompas.com - 04/06/2012, 22:36 WIB
Ahmad Arif

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com -- Flores nyaris sempurna untuk keindahan alam dan kekayaan budayanya. Dua minggu menyusuri Flores, dari gunung hingga lautnya, Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas tak henti mengagumi keindahan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur ini.

Pulau ini memang layak menyandang nama Flores, yang dalam bahasa Portugis berarti bunga. Lautnya begitu indah, dipagari deretan pegunungan yang menghijau dan padang savana.

Perjalanan Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas di Flores dimulai sejak Kamis (24/5/2012) dan berakhir pada Senin (4/6/2012). Perjalanan dimulai dari Maumere dan berujung di Labuhan Bajo. Tim juga menyeberang ke Pulau Babi yang pernah dihantam tsunami tahun 1992. Perjalanan dilanjutkan dengan mendaki Gunung Egon di Sikka dan menyeberangi Laut Flores untuk kemudian mendaki Gunung Rokatenda.

Tim dibuat takjub dengan kehebatan rumah-rumah tradisional yang melestarikan teknik bangunan tahan gempa dan kampung-kampung yang masih mempertahankan tradisi megalitikum. Ketakjuban bertambah saat melihat jejak manusia purba di beberapa lokasi di Flores.

Di Ngancar, Manggarai sawah-sawah yang disusun dengan pola seperti jaring laba-laba menunjukkan paduan keindahan dan kebijakan tradisional.

Perjalanan diakhiri di Labuhan Bajo dengan mengunjungi Pulau Rinca yang menjadi habitat alami komodo. Reptil ini merupakan bukti nyata kehidupan purba di Flores, yang masih lestari hingga kini.

Bersama dengan menepinya perahu yang ditumpangi dari Pulau Rinca ke dermaga Labuhan Bajo, perjalanan Tim Ekspedisi Cincin Api di Flores usai sudah.

Laporan lengkap tentang edisi Flores bisa dinikmati di Harian Kompas mulai Rabu (20/6/2012) dan ditutup dengan liputan khusus pada Sabtu (23/6/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com