Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Ingin Kerja Sama Perfilman

Kompas.com - 01/06/2012, 01:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia ingin bekerja sama di bidang perfilman dengan Indonesia melalui perwujudan nota kesepahaman. Hal itu disampaikan Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim di Jakarta, Kamis (31/5/2012).

"Film merupakan salah satu industri kreatif yang perlu dijadikan sebagai jembatan untuk mencari manfaat kemasyarakatan, dan Indonesia adalah rekan paling penting bagi Malaysia. Nota kesepahaman yang baik di bidang film akan mempererat hubungan antarmasyarakat," kata Rais Yatim.

Keinginan Pemerintah Malaysia tersebut perlahan mulai diwujudkan dengan membentuk Kolaborasi Film Malaysia-Indonesia (Kofi Malindo) yang dideklarasikan pada hari Kamis.

Kofi Malindo, lanjut Rais Yatim, diharapkan dapat mewujudkan industri perfilman yang maju bagi kedua negara. Dengan sistem manajemen yang melibatkan unsur pemain industri film dari kedua belah pihak, Kofi Malindo diharapkan dapat menguasai pasar perfilman di Indonesia dan Malaysia.

"Perfilman, sebagai industri yang maju di Indonesia dan yang hendak maju di Malaysia, dapat dibawa pada kesepahaman untuk meningkatkan hubungan people to people," lanjutnya.

Menurut Rais Yatim, keberadaan film asing atau film impor di kawasan Indonesia dan Malaysia perlu dikurangi dan diperkuat dengan peredaran film lokal.

"Monopoli sinematografi Hollywood dan Bollywood perlu dikurangi sehingga melalui kerja sama tersebut dapat menelurkan visi baru dalam dunia perfilman di kedua negara," katanya.

Kofi Malindo dibentuk untuk mendorong kembali kerja sama masyarakat perfilman Indonesia yang bernaung di bawah payung Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan Perbadanan Kemajuan Filem Nasional Malaysia (Finas).

Film kolaborasi pertama Kofi Malindo adalah "Gerimis Mengundang", yang melibatkan dua perusahaan produksi film Indonesia dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com