Rabu, 3 September 2014

News / Nasional

Capres 2014

Irman Gusman Didorong Maju Pilpres 2014

Kamis, 31 Mei 2012 | 12:29 WIB

DOHA, KOMPAS.com — Sejumlah warga negara Indonesia yang berada di Doha, Qatar, mendorong Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman untuk maju menjadi calon presiden pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014. Dorongan itu disampaikan dalam acara pertemuan rombongan DPD dengan warga negara Indonesia di Wisma KBRI Doha, Qatar, Rabu malam kemarin.

"Harapan dan impian kami ada di Pak Irman, apakah Pak Irman bersedia maju?" kata Suhiyar, warga Indonesia yang sudah bermukim di Qatar sejak  1996, seperti dilaporkan wartawan Kompas Anita Yosihara dari Doha, Kamis (31/5/2012).

Warga lain, Mahdi Muzadi, bahkan menanyakan konsep yang akan ditawarkan Irman jika benar-benar maju dalam bursa pemilihan presiden. "Kami mendukung Pak Irman maju. Kalau nanti termasuk calon, apa konsep Bapak untuk menyelesaikan carut-marut politik dan ekonomi di Indonesia?" tanyanya.

Mendapat dorongan serta pertanyaan itu, Irman tidak mengiyakan dan tidak pula menolak. Ketua DPD asal Sumatera Barat itu hanya mengatakan, kritikal poinnya adalah agar tahun 2014 bisa lebih baik lagi. Irman hanya menyebut jika tahun 2014 merupakan saat yang tepat untuk regenerasi kepemimpinan.

Menurut dia,  kalangan muda sudah saatnya memimpin bangsa. Selain itu, dia juga menyebutkan tujuh kriteria pemimpin yang ideal untuk Indonesia. Di antaranya, memiliki kemampuan, kredibilitas, tanggung jawab, dan memiliki kapasitas yang baik.


Penulis: Anita Yossihara
Editor : Marcus Suprihadi