Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Peringkat Dua Pemasok Tenaga Kerja Migran ke Korsel

Kompas.com - 31/05/2012, 02:27 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat  menyatakan, Indonesia merupakan pemasok tenaga kerja nonrumah tangga terbesar kedua ke Korea Selatan.

"Indonesia pemasok tenaga kerja nonrumah tangga terbesar kedua ke Korea Selatan setelah Vietnam," kata Moh Jumhur seusai berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi Mahasiswa Indonesia di Balai Latihan Transmigrasi di Sleman, Yogyakarta, Rabu (30/5/2012) malam.

Menurut dia, dari tahun ke tahun pengiriman tenaga kerja ke Korea Selatan terus meningkat jumlahnya dan ini membuktikan bahwa Korea Selatan memberikan kepercayaan kepada TKI nonrumah tangga dari Indonesia. "Vietnam jumlah tenaga kerja yang ada di Korea Selatan sangat tinggi, karena banyak yang menikah dengan warga negara Korea Selatan. Saat ini jumlah TKI yang bekerja di Korea Selatan mencapai 36.000 orang," katanya.

Ia mengatakan, untuk tahun 2012 ini direncanakan sebanyak 10.500 TKI akan dikirim ke Korea Selatan pada sektor industri manufaktur dan perikanan. "Dari sekitar 50.000 tenaga kerja yang dibutuhkan Korea Selatan, 10.500 di antaranya dipenuhi dari Indonesia," katanya.

Jumhur mengatakan, saat ini sedang dilakukan seleksi dan tes untuk TKI ke Korea Selatan ini, dan jumlah pendaftar di empat tempat pendaftaran mencapai 30.000 pendaftar dari 10.500 yang dibutuhkan. "Saya kira untuk persaingan ini masih wajar, yakni satu banding tiga. Bagi TKI yang saat ini belum lolos ya harus belajar lagi agar nanti bisa lolos," katanya.

Pendaftaran calon TKI Korsel ini merujuk pada surat Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) Nomor: EPST - 990 Tanggal 12 April 2012.

Pendaftaran ujian dilakukan secara serentak di empat kota yakni untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) di Universitas Indonesia Esa Unggul, Jalan Arjuna Utara 9 Kebon Jeruk Jakarta.

Wilayah Jawa Barat di IKOPIN Bandung, Jalan Kampus IKOPIN Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor KM 20.5 Bandung Sumedang-Jatinangor, untuk Daerah Istimewa Yogyakarta di UPN Veteran Yogyakarta, Jalan Lingkar Utara Condong Catur Yogyakarta dan Jawa Timur di Universitas Dr Soetomo Surabaya Jalan Semolowaru 84 Surabaya.

Calon peserta ujian hanya dapat memilih satu pilihan pada bidang Industri Manufaktur atau Perikanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com