Rabu, 22 Oktober 2014

News / Bisnis & Keuangan

Jaminan Kesehatan

PT Askes Akan Dibubarkan Tanpa Likuidasi

Senin, 28 Mei 2012 | 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan pelaksanaan jaminan kesehatan dengan cakupan nasional yang akan diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Bidang Kesehatan pada Januari 2014, PT Askes akan dibubarkan tanpa likuidasi. PT Askes akan bertransformasi sebagai BPJS Bidang Kesehatan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Askes (Persero) I Gede Subawa dalam Seminar Penyediaan Program Jaminan Sosial Bidang Kesehatan sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan, Senin (28/5/2012), di Jakarta.

Subawa menegaskan, tidak akan ada pemutusan hubungan kerja dengan para karyawan PT Askes saat ini. Pegawai PT Askes akan menjadi pekerja BPJS Bidang Kesehatan.

Menurut Subawa, pihaknya terus menyiapkan diri secara internal dan eksternal. Sebab, jumlah peserta yang ditangani PT Askes akan membesar dari 16,6 juta orang menjadi sekitar 139 juta orang pada tahun 2014. Hal itu seiring dengan dilimpahkannya peserta layanan jaminan kesehatan yang dikelola pemerintah dan badan usaha milik negara kepada PT Askes. Jumlah itu belum termasuk warga yang belum tercakup jaminan kesehatan selama ini. Kepesertaan jaminan kesehatan nantinya bersifat wajib bagi semua warga negara.

Sekalipun berubah menjadi BPJS Bidang Kesehatan yang akan mengelola asuransi kesehatan sosial, budaya korporasi yang sudah baik akan terus diterapkan untuk menguatkan pelaksanaan jaminan kesehatan.


Penulis: Indira Permanasari S
Editor : Nasru Alam Aziz