Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Butuh Panja untuk Dalami Musibah Sukhoi

Kompas.com - 28/05/2012, 17:43 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PAN, Teguh Juwarno mengatakan DPR akan membentuk panitia kerja (panja) untuk mendalami jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/5/2012) lalu.

Melalui Panja, kata dia, DPR akan melihat siapa saja pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas musibah tersebut. "Memang dibutuhkan panja untuk mendalami persoalan ini," sebut Teguh, di DPR, Senin (28/5/2012).

Melalui panja, DPR akan mencari tahu sejumlah pihak yang harus bertanggung jawab. Karena, menurut Teguh, dalam hal perizinan saja, DPR menduga ada hal yang bermasalah. "Terbukti ada ketentuan yang ditabrak dari perundangan," sambung dia.

Ditambah lagi, kata Teguh, ada permasalahan dalam standard operating procedure standar (SOP). Hal itu tampak salah satunya pada sistem komunikasi air traffic control (ATC) dengan pilot SSJ100. "Ini menurut kita perlu ditingkatkan menjadi dan ada Panja untuk khusus membahas masalah Sukhoi ini," tegas dia.

Jadi, kata Teguh, ada dua hal yang menjadi fokus dalam Panja terkait SSJ100. Pertama, amanah undang-undang agar ada pemisahan antara otoritas bandara dengan pengelola navigasi. Kedua, bagaimana pertanggungjawaban terhadap keluarga korban. "Ketiga, bagaimana memastikan hal ini tidak terjadi lagi," pungkas Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com