Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abraham: Jangan Khawatir Menguap

Kompas.com - 21/05/2012, 04:47 WIB

Jakarta, Kompas - Meskipun penyelidikan kasus dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun belum diselesaikan, rakyat jangan khawatir kasus tersebut akan menguap. Kasus Century bakal dituntaskan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menyelesaikan kasus cek perjalanan dan proyek Hambalang.

Komitmen itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Minggu (20/5) di Jakarta.

Sebelumnya, beberapa anggota Komisi III DPR mempersoalkan penyelidikan kasus Bank Century yang hingga kini tidak ada kemajuannya. Padahal, pimpinan KPK berjanji bakal meningkatkannya dalam waktu 100 hari setelah pimpinan KPK terpilih akhir tahun lalu.

”Rakyat jangan khawatir KPK akan membiarkan kasus tersebut berlalu. KPK, di bawah pimpinan saya, sudah bertekad menyelesaikan dan menuntaskan kasus Bank Century agar tidak menjadi beban masa depan,” tandas Abraham.

Saat ini, ujar Abraham, KPK tengah menuntaskan kasus cek perjalanan. Selanjutnya adalah proyek Hambalang. ”Baru kasus KPK akan kami tuntaskan sesegera mungkin tahun ini. Tidak ada kekuatan-kekuatan lain yang bisa menghentikan KPK untuk menuntaskannya,” tambahnya.

Tentang janji 100 hari untuk meningkatkannya dari penyelidikan ke tahap penyidikan, Abraham mengatakan, janji tersebut bukan hanya kepada DPR, melainkan juga masyarakat yang menunggu penuntasan kasus Bank Century.

”Kami ini anak-anak muda yang tengah mendapat amanat memimpin KPK. Tidak mungkin kami mundur karena tidak berani menuntaskan kasus Bank Century. Kami harus tercatat sebagai anak-anak muda yang pantang mundur melawan korupsi,” lanjut Abraham lagi.

Kekuatan tak terlihat

Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengaku prihatin karena penyelidikan kasus Bank Century hingga kini stagnan di tangan KPK. ”Stagnasi proses hukum megaskandal Bank Century bukan disebabkan oleh bukti-bukti permulaan yang sudah berantakan, melainkan hambatan yang justru muncul dari kekuatan kekuasaan yang tidak terlihat mencampuri kasus tersebut. Inilah yang saya duga membuat KPK berpikir dua kali untuk menuntaskan kasusnya,” katanya.

Menurut anggota Fraksi Partai Golkar itu, penyelidikan Bank Century mau tidak mau bakal langsung ke jantung kekuasaan di negeri ini sehingga penyelidik KPK tak berani mengusiknya.

Hal senada dilontarkan anggota Fraksi Partai Hanura, Akbar Faisal. ”Sudah lewat 100 hari dari janji pimpinan KPK, hingga kini juga belum ada kemajuan berarti,” kata Akbar. Ia khawatir ada intervensi pihak-pihak tertentu di balik KPK sehingga kasus ini tidak ada kemajuannya. (HAR)

Rakyat jangan khawatir KPK akan membiarkan kasus tersebut berlalu.Abraham Samad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com