Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2012, 14:30 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera dan DPD Partai Hati Nurani Rakyat Jawa Barat sepakat untuk mengusung Ahmad Heryawan sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2013.

"Dengan Hanura sudah ada kesepahaman untuk mengusung calon bersama-sama, yakni Pak Ahmad Heryawan sebagai cagub di Pilkada Jabar nanti," kata Ketua DPW PKS Jawa Barat Tate Qomarudin di Kota Bandung, Sabtu (19/5/2012).

Ditemui di sela acara Syukuran Milad ke-XIV PKS di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Jalan Tamansari Kota Bandung, Tate menuturkan, "koalisi" dengan Partai Hanura dilakukan guna melengkapi keterwakilan jumlah kursi PKS di legislatif jika ingin mengusung calon pada Pilkada Jabar.

"Jadi kesepakatan dengan Hanura ini juga untuk melengkapi kursi PKS di legislatif untuk Pilgub Jabar," kata Tate.

Menurut dia, pada prinsipnya PKS Jawa Barat yang memiliki 13 kursi di legislatif ingin membangun sebuah koalisi yang besar dan solid untuk Pilkada Jabar nanti. "Prinsipnya, kami ingin memperbesar koalisi dengan semuanya, baik itu dengan PDIP, Partai Demokrat atau tokoh lainnya. Dan sampai sekarang kami sudah melakukan konsolidasi tersebut," ujar dia.

Ia menambahkan, sampai saat ini hanya PKS yang sudah menentukan calon gubernur definitif untuk berlaga di Pilkada Jabar 2013. "Setahu kami, baru PKS saja yang sudah menetapkan calon gubernur definitif untuk Pilkada Jabar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com