Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lady Gaga yang Terlahir Kontroversial

Kompas.com - 19/05/2012, 00:53 WIB

Oleh Fransiska Ninditya
 
Dua pekan menjelang penampilannya di Jakarta, Lady Gaga harus menelan pil pahit akan berbagai komentar kontra terhadap dirinya, dan yang terakhir adalah penolakan pemberian izin konser dari Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

Penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta itu memang selalu tampil "luar biasa" di atas panggung. Dengan segala keanehannya, dan memang itu yang ditunggu-tunggu para little monsters, Gaga mampu meraih enam Piala Grammy sejak 2009.

Gaga menuai berbagai kritik sejak kemunculan album perdananya, The Fame (2008), yang populer lewat lagu "Just Dance" dan "Poker Face", dan seterusnya hingga album terakhir yang dirilisnya dengan tajuk Born This Way.

Gaya Gaga sangat dipengaruhi oleh musisi beraliran glam rock atau penampilan serba mewah dan gemerlapan, yang diconteknya dari vokalis grup musik Quenn, Freddie Mercury.

Selain gaya berbusananya yang nyentrik, Gaga juga tidak segan-segan tampil seronok di sejumlah video klip lagunya. Dalam video klip lagu "Paparazzi," Gaga berani beradegan ranjang di awal klip dan berdandan dengan pakaian minim menempel di badan.

Gaga juga pernah membuat geram para pencinta hewan karena menggunakan daging mentah sebagai bahan untuk menghiasi tubuhnya, mulai dari ujung kepala hingga alas kaki. Dia mengenakan gaun daging mentah itu untuk pertama kalinya saat acara MTV Video Music Awards 2010.

Gaun daging mentah itu kini diletakkan di Rock and Roll Hall of Fame and Museum, tempat menyimpan sejarah para artis yang memiliki pengaruh cukup besar sepanjang kariernya. Lady Gaga termasuk luar biasa karena artis yang terekam dalam museum itu setidaknya telah berkarier paling tidak 25 tahun sejak merekam album pertama.

Tak berhenti dalam hal berpakaian, Lady Gaga juga menjadi sorotan karena sejumlah lagu yang dinyanyikannya dianggap sarat akan unsur pemujaan setan. Mengambil contoh lagu "Judas", yang terangkum dalam album Born This Way. Judas mendapat kritikan keras dari kalangan umat Kristiani karena syairnya menyakiti kepercayaan mereka. Syair itu berbunyi, "Jesus is my virtue. And Judas is the demon I cling to".

Kreativitas berujung pencekalan

Sejak usia empat tahun Gaga sudah belajar bermain piano, dan dia menciptakan lagu dengan menggunakan piano pada usia 13 tahun. Saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), perempuan yang dibesarkan dalam keluarga Katolik itu bermain di pertunjukan musikal sebagai pemeran utama.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com