Sabtu, 22 November 2014

News / Nasional

Irjen Kemenkeu: Ada PNS yang Manipulasi Perjalanan Dinas

Sabtu, 19 Mei 2012 | 00:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Irjen Kemenkeu) Sonny Loho mengakui, di antara ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kementeriannya, kemungkinan ada saja yang memanipulasi perjalanan dinas. Manipulasi dilakukan antara lain dengan memalsukan tiket pesawat dan kuitansi hotel untuk kepentingannya sendiri.

Akibat manipulasi, terjadi pemborosan anggaran. Oleh sebab itu, Irjen Kemenkeu akan bertindak dengan menjatuhkan sanksi, mulai dari hukuman disiplin hingga pemecatan.

"Kemenkeu mempunyai 1.000 kantor di seluruh Indonesia. Mungkin masih ada yang nakal. Oleh sebab itu, pasti kita akan periksa dan tindak," kata Sonny kepada Kompas, Jumat (18/5/2012) di Jakarta.

Menurut Sonny, jika ada yang memanipulasi tiket, kuitansi, dan lainnya pasti akan terkena sanksi berat. Alasannya, manipulasi tiket dan kuitansi dianggap fraud atau kecurangan.

Sonny menambahkan, pihaknya juga tengah mengembangkan unit kontrol internal pada setiap unit di seluruh Indonesia. "Yang ketahuan salah oleh Itjen pasti kena sanksi, tidak pandang kolega, karena kita menertibkan organisasi Kemenkeu supaya berjalan dengan baik," tegasnya.


Penulis: Suhartono
Editor : Nasru Alam Aziz