Sabtu, 26 Juli 2014

News / Nasional

Ani Yudhoyono Digadang-gadang Jadi Capres Demokrat

Selasa, 15 Mei 2012 | 11:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ani Yudhoyono, istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dinilai sangat layak dan berpeluang besar untuk diusulkan menjadi calon presiden dari Partai Demokrat di Pemilu 2014.

Penilaian itu disampaikan oleh Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Andi Nurpati melalui pesan singkat, Selasa (15/5/2012).

Nurpati menjelaskan, Ani memenuhi kualifikasi sebagai capres dari Demokrat. Ani, kata dia, adalah pendiri Demokrat, pernah menjabat sebagai wakil ketua umum Demokrat, dan dua periode mendampingi Yudhoyono sebagai presiden.

"Dan sejumlah kemampuan lainnya yang dimiliki beliau. Bu Ani adalah politikus yang tangguh. Peluang beliau terbuka untuk dicalonkan. Nama beliau sangat populer di masyarakat," kata Nurpati.

Meski demikian, lanjut Nurpati, keputusan akhir siapa yang bakal diusung ada di tangan majelis tinggi Demokrat yang diketuai Yudhoyono. Semua kader, kata dia, berhak mengusulkan siapa tokoh yang layak diusung. "Usulan-usulan itu akan dipertimbangkan dalam rapat majelis tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Dewan Pembina Demokrat, Melani Leimena Suharli, menyebut banyak kader internal Demokrat, salah satunya dirinya, ingin mencalonkan Ani sebagai capres.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan dirinya sudah membangun jaringan-jaringan di internal Demokrat untuk mencalonkan Ani. "Rata-rata (kader Demokrat) setuju," katanya.

Yudhoyono pernah menegaskan bahwa istrinya ataupun kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono, tak akan maju pada ajang perebutan kursi RI 1 pada 2014.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Erlangga Djumena