Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Yong Nam Bertemu Presiden SBY Hari Ini

Kompas.com - 15/05/2012, 03:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Republik Demokratik Korea Utara Kim Yong Nam, Senin (14/5), memulai lawatannya di Indonesia.

Seperti diwartakan sebelumnya, Kim datang atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan akan menggelar pertemuan bilateral hari Selasa ini.

Kim tiba di Jakarta hari Minggu, dan akan berada di Indonesia hingga 16 Mei. Sebelum ke Indonesia, dia secara resmi juga berkunjung ke Singapura selama tiga hari.

Bersama Kim juga ikut dua pejabat ekonomi senior Korea Utara. Diyakini rangkaian lawatan tersebut bertujuan menarik investasi asing masuk ke negara itu.

Pada hari pertama lawatan, Kim berkunjung ke sejumlah lokasi di Jakarta, seperti berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dan juga Monumen Nasional.

Dalam berbagai kunjungan itu, Kim didampingi Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan.

Desak isu HAM

Beberapa pihak mendesak Pemerintah RI agar menjadikan pertemuan hari Selasa ini lebih dari sekadar pertemuan pragmatis, tetapi juga menyentuh berbagai persoalan mendasar di Korut, seperti pelanggaran hak asasi manusia dan kelaparan yang melanda rakyat negara itu.

Dalam siaran persnya, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menyatakan baru saja bertemu Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pelanggaran HAM di Korut, Marzuki Darusman, Minggu lalu.

Menurut Koordinator Kontras Haris Azhar, dalam pertemuan itu tim yang dipimpin Marzuki Darusman memaparkan banyak pelanggaran HAM berat terjadi di Korut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com