Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Golkar Buka Peluang untuk Kalangan Artis

Kompas.com - 15/05/2012, 02:46 WIB

Jakarta, Kompas - Partai Golkar membuka kesempatan kepada para artis untuk berpolitik melalui partai tersebut. Pasalnya, banyak artis tenar, cerdas, dan teruji diyakini akan membuat politik semakin berwarna.

”Sekarang ada 18 artis yang menjadi anggota DPR, dan banyak dari mereka yang cerdas serta kiprahnya menonjol,” kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Senin (14/5) di Jakarta, saat menerima penyanyi Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Syahrini, dan Alexa Key.

Mereka datang untuk meminta pemerintah lebih serius mengatasi pembajakan, antara lain dengan memblokir situs-situs di internet yang memungkinkan masyarakat mengunduh lagu dengan gratis dan ilegal.

Priyo yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar juga mengatakan, ”Kalau nanti Dhani dan kawan-kawan mengirimkan anggota artisnya di politik, saya senang. Sebab, ada artis yang tidak hanya tenar, tetapi juga mampu dan teruji.” Saat ini, ada anggota DPR dari Partai Golkar dengan latar belakang artis, antara lain Nurul Arifin dan Tantowi Yahya.

Ahmad Dani menilai, Golkar punya intuisi yang tepat karena artis relatif mudah menjadi anggota legislatif. Buktinya banyak artis yang berhasil menjadi wakil rakyat meski sebelumnya tidak terlalu terkenal. Mulan Jameela menambahkan, tidak masalah artis terjun ke politik jika mampu.

Yunarto Wijaya dari Charta Politika melihat tawaran Priyo itu terkait dengan sistem proporsional terbuka yang menjadikan keterpilihan anggota DPR dalam pemilu didasarkan pada suara terbanyak. Namun, tetap disayangkan tawaran itu

muncul dari partai yang dikenal memiliki jaringan politik kuat. Tawaran tersebut dapat mendegradasi kader Golkar di daerah karena merasa terganggu dengan keberadaan para artis tersebut. (NWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com