Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemen ESDM Audit Energi di Gedung Pemerintah

Kompas.com - 13/05/2012, 22:27 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana melaksanakan audit pemakaian energi di gedung-gedung perkantoran instansi pemerintah pusat dan daerah. Hal ini untuk mendorong efisiensi energi nasional.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kardaya Warnika, Minggu (13/5/2012), di Jakarta.

Menurut dia, pemerintah akan menerapkan program penghematan energi dimulai dari instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD. " Kami harus memberi contoh kepada masyarakat," kata dia.

Terkait hal itu, pihaknya akan mengaudit pemakaian energi di gedung-gedung perkantoran pemerintah pusat dan daerah, BUMN, dan BUMD secara bertahap pada tahun ini.

Beberapa indikator efisiensi energi adalah, pemakaian lampu hemat energi, dan penempatan alat-alat listrik yang tepat. " Dari hasil audit itu, kami akan memberikan rekomendasi agar pemakaian energi listrik dan bahan bakar minyak bisa lebih efisien," ujarnya menegaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com