Senin, 1 September 2014

News / Nasional

Megawati Bernostalgia di Austria

Sabtu, 12 Mei 2012 | 22:29 WIB

WINA, KOMPAS.com -- Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dalam kunjungannya ke Austria, Sabtu (12/5/2012), menyempatkan untuk perjalanan nostalgia. Ia disertai putranya, Muhammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo, serta sejumlah pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), antara lain mengunjungi Fleamarket, Naschmarkt, di Wina.

Di pasar yang hanya buka pada hari Sabtu, dan menjual berbagai barang antik dan benda seni, Megawati terlihat menikmati suasana keramaian itu. Sejumlah pedagang juga mengenalinya.

Ketua Umum PDI-P itu mengaku pertama kali ke Austria, termasuk mengunjungi Fleamarket sekitar tahun 1960-an. Kala itu, ia menyertai kunjungan ayahnya, Presiden Soekarno.

Setelah itu, ia sempat mengunjungi Austria. Kunjungan terakhir dilakukan tahun 2002 saat ia menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. "Ya, ini seperti kunjungan nostalgia," ungkap Megawati.

Duta Besar RI untuk Austria I Gusti Agung Wesaka Puja juga menemani sepanjang perjalanan Megawati. Selain ke Fleamarket, Megawati akan menikmati kopi di Landtmann Cafe yang dahulu pernah dilakukannya. Ia juga akan ke Salzburg, sebelum ke Innsbruck pada Minggu (13/5/2012).

Megawati akan menjadi pembicara utama dalam seminar internasional perempuan dan politik di Universitas Innsbruck, salah satu perguruan tinggi tertua di Austria.


Penulis: Tri Agung Kristanto
Editor : Nasru Alam Aziz