Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 DPD Partai Golkar Calonkan Ical sebagai Capres 2014

Kompas.com - 12/05/2012, 21:03 WIB
Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 33 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar seluruh Indonesia sepakat mencalonkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon presiden dari Partai Golkar pada pemilihan presiden 2014.

Kesepakatan itu dituangkan dalam bentuk prasasti dan ditandatangani seluruh ketua 33 DPD Partai Golkar pada rapat konsultasi nasional Partai Golkar dan Silaturahmi tim pemenangan daerah Aburizal Bakrie for President 2014-2019 di Yogyakarta, Sabtu (12/5/2012).

"Hasil silaturahmi ini sebenarnya adalah penguatan kembali pertemuan di Bali, Balikpapan dan Banjarmasin, dan ini menegaskan kembali fatsun partai, bahwa ketua partailah yang mestinya dicalonkan sebagai calon presiden, Seperti saat pencalonan capres Jusuf Kalla pada 2009 lalu," kata Ketua DPD DIY Partai Golkar, Gandung Pardiman.

Menurut Gandung, rapat dan silaturahmi DPD se-Indonesia telah menghasilkan kesepakatan dan komitmen seluruh DPD Partai Golkar untuk mencolankan Aburizal Bakrie sebagai capres 2014. "Untuk mengamankan kesepakatan ini, setelah ini kita kan mengkomunikasikan aspirasi dari DPD-DPD ini pada tokoh-tokoh senior Partai Golkar," kata Gandung.

Tokoh-tokoh Golkar yang akan ditemui tersebut antara lain Jusuf Kalla, BJ Habibie, Ginandjar Kartasasmita, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Mereka akan menemui tokoh-tokoh Golkar itu sebelum dilaksanakannya Rapimnas Golkar pada Juli 2012 mendatang. Ini dilakukan untuk menjaga soliditas partai Golkar.

Gandung optimistis Ical, panggilan akrab Aburizal Bakrie, bisa menang dalam Pilpres 2014, karena Golkar adalah partai yang punya infrastruktur sampe ke desa. "Kami ingin dengan solidnya tokoh Golkar di berbagai tingkatan ini akan menadi modal terbesar bagi pemenangan Ical," tegasnya.

Bagi DPD yang membangkang keputusan tersebut, lanjut Gandung, akan ada sanksi tegas. "Dengan utuhnya 33 DPD itu kita yakini sebagai keutuhan Golkar, terlebih seluruh ketua DPD Golkar se-Indonesia telah menandatangani prasasti kesepakatan Ical untuk presiden. Kesepakatan ini akan disampaikan langsung ke Ical secepatnya" paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com