Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Sulit, Kotak Hitam Belum Ditemukan

Kompas.com - 12/05/2012, 13:42 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Menteri Perhubungan EE Mangindaan tak mampu memastikan kapan black box (kotak hitam) pesawat Sukhoi Superjet100 akan ditemukan, meskipun reruntuhan pesawat dan jasad para korban telah ditemukan di kawasan Gunung Salak, Jawa Barat.

Mangindaan mengatakan, medan yang sulit di kawasan Gunung Salak menyebabkan pencarian kotak hitam, yang diyakini akan mengungkap misteri kecelakaan tragis itu, tak semudah yang dibayangkan. "Saya enggak bisa pastikan karena medannya sulit," ungkap Mangindaan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (12/5/2012).

Menteri Perhubungan (Menhub) bertolak ke lokasi di Cijeruk, Sukabumi, dari Halim sekitar pukul 12.20 WIB menggunakan heli jenis Colibri milik TNI-AU. "Saya hanya melihat keadaan medan supaya kita bisa bayangkan keadaan di lapangan yang sebenarnya," ungkapnya.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 lepas landas dari Halim pada Rabu (9/5/2012) siang untuk kepentingan uji coba dengan tujuan Palabuhanratu, Sukabumi, kemudian kembali lagi ke Halim. Pesawat diketahui hilang kontak sekitar pukul 14.33 WIB. Pesawat tersebut dikabarkan jatuh di Kampung Batu Tapak, Cidahu, perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi, setelah sebelumnya menabrak tebing Gunung Salak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com