Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Wartawan Belum Ditemukan di Gunung Salak

Kompas.com - 12/05/2012, 02:27 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Hingga Sabtu (12/5/2012) dini hari, petugas SAR belum berhasil menemukan dua wartawan yang tersesat dari rombongan saat peliputan kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Sukabumi, sejak Jumat (11/5/2012) petang. Kedua wartawan itu adalah Ray Jordan dari Detik.com dan Ade dari Bali Post.

Agus, seorang petugas SAR yang mengawasi pusat radio evakuasi, mengatakan bahwa suara kedua wartawan itu sempat tertangkap radio handy talkie (HT) petugas di ketinggian 1.710 meter di atas permukaan laut (mdpl) sekitar pukul 16.30 WIB. Sumber suara diketahui berasal dari lembah antara puncak Gunung Salak 1 dan 2. Namun, ketika petugas SAR turun ke lembah di ketinggian 1.600 mdpl, suara keduanya lenyap. Begitu pun saat petugas beranjak ke ketinggian sekitar 1.800 mdpl.

"Mendapat laporan, kami langsung perintahkan petugas SAR yang ada di atas puncak Gunung Salak 1 melakukan pencarian. Di lembah ketinggian 1.710 mdpl itu sempat ada yang teriak minta tolong. Ketika petugas turun, suara itu enggak ada lagi," kata Agus di Posko Utama Kecelakaan SS100, Balai Ternak Embrio Ternak Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Sabtu dini hari.

Menurut Agus, petugas SAR beberapa kali turun dan naik ke lembah yang menjadi sumber suara. Namun, kejadian yang sama tetap terulang. Diduga terjadi gema di lembah itu sehingga sumber suara sulit diperkirakan.

Karena hari sudah gelap dan cuaca di lokasi gunung itu berkabut dan sangat dingin, akhirnya petugas SAR menghentikan pencarian dan bermalam di tempat tersebut. "Kalau tetap dilanjutkan, tidak akan memungkinkan. Justru membahayakan petugas. Besok pagi pencarian dilanjutkan," katanya. Hingga kini belum diketahui nasib kedua wartawan tersebut.

Jordan dan Ade adalah dua di antara beberapa wartawan yang melakukan pendakian Gunung Salak dalam rangka peliputan titik jatuhnya pesawat SSJ-100. Keduanya terpisah saat di tengah perjalanan. Informasi yang dihimpun, keduanya saat itu memisahkan diri untuk mengambil air di lembah.

Sekitar pukul 16.33 WIB, Jordan sempat mengirimkan pesan singkat ke wartawan Vivanews.com, Oscar. Di pesan itu, Jordan mengaku tersesat di Gunung Salak dan kondisinya aman. "Lo di mana?? Gw nyasar sama Ade, foto Bali Post. Nih lagi sahut-sahutan sama SAR. Kondisi aman. Doakan yah," kata Jordan dalam pesan singkat yang diterima Oscar.

Oscar menjawab pesan singkat Jordan dan mengatakan akan mencari bantuan. Sekitar 15 menit, Oscar kembali menerima pesan singkat dari Jordan. Kali ini, Jordan mengaku persediaan makanan dan minumnya menipis serta butuh pertolongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com