Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Merantau Itu Sangat Penting

Kompas.com - 11/05/2012, 21:41 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pergi merantau ke suatu tempat itu penting. Dengan cara itu maka kehidupan akan berubah. Itulah salah satu pesan kehidupan yang disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dalam acara Ernst & Young Entrepreneurs Forum 2012 di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat (11/5/2012) malam.

"Saya keluar dari desa saya ke tempat yang jauh ke Kalimantan. Itu pertama kalinya saya ke pelabuhan, pertama kali saya menyeberangi lautan," tutur Dahlan.

Menurut Dahlan, perginya dia ke Kalimantan telah menorehkan suatu perubahan penting dalam hidupnya. Merantau telah memisahkan dirinya dengan kehidupan yang sebelumnya. Oleh sebab itu, ia menegaskan bahwa merantau perlu dilakukan. Dengan merantau maka semua akan berubah. "Merantau sangat penting," tegas dia.

Selepas itu, peserta forum yang bekerja di sebuah institusi pendidikan pun bertanya mengenai kiat mantan bos Jawa Pos ini dalam berwirausaha. Dahlan pun menjawab bahwa dia bukanlah orang yang pintar, jadi dia mengikuti kata hatinya ketika melakukan sesuatu. "Saya tahu bahwa saya bukan orang yang pintar, saya percaya kepada hati saya," jawabnya singkat.

Ketika menjawab pertanyaan dari seorang wirausaha muda, Dahlan tampak lebih bersemangat. Ini karena peserta tersebut mengeluhkan hal bahwa banyak wirausahawan yang tidak mendapat sokongan pemerintah.

Lantas Dahlan secara tegas menjawab bahwa pengusaha harus berdiri di atas kemampuannya sendiri. "Karena pengusaha yang riil harus berdiri di atas kapabilitasnya. Dan itu saya lihat sebagai fenomena di Indonesia bahwa semua hal meminta kepada pemerintah dan semua menyalahkan pemerintah," tegasnya.

Dahlan Iskan secara tegas menyatakan ketidaksenangannya terhadap fenomena tersebut. Menurut Dahlan, pengusaha jangan meminta pemerintah untuk melakukan apa pun. "Itu kondisi tidak bagus saya harus berjuang untuk melawan pemikiran itu," sebutnya.

"Jangan minta pemerintah untuk melakukan apa pun, lebih baik pemerintah juga tidak melakukan apa pun," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com