Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Bogor Dirikan Dapur Umum

Kompas.com - 11/05/2012, 19:14 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan logistik selama operasi pencarian pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak.

"Kami sudah siapkan dapur umum, lokasinya sekitar satu kilometer dari posko kendali. Mulai besok akan dioperasionalkan," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Makmur Rozak di Posko Kendali Operasi Pencarian Pesawat Sukhoi Superjet 100, Balai Embrio Ternak (BET) Kampung Pasirpogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jumat (11/5/2012).

Menurut Makmur, pendirian dapur umum tersebut mempertimbangan tingginya kebutuhan logistik di lokasi tersebut. Saat ini tercatat lebih dari 3.000 orang berada di posko, termasuk logistik untuk tim SAR yang sudah berada di atas gunung.

BPBD Kabupaten Bogor mendapatkan tanggung jawab memenuhi logistik selama operasi berlangsung. Mengingat posisi posko kendali yang berada di ketinggian 1.600 mdpl cukup jauh dari akses pemukiman warga sehingga kebutuhan logistik menjadi perhatian serius.

Makmur menyebutkan, satu hari BPBD menyiapkan logistik berupa nasi bungkus untuk tiga kali jam makan yakni pagi sore dan malam. Rata-rata satu hari logistik yang disiapkan sebanyak 3.300 bungkus nasi. "Logistik kami pesan dari rumah makan di wilayah Bogor," katanya.

Untuk efisiensi, lanjut Makmur, dapur umum akan dioperasionalkan karena kebutuhan logistik yang cukup mendesak untuk para anggota SAR.

Makmur mengatakan, logistik juga disediakan bagi tim SAR Alpha, Beta yang sudah berangkat ke atas gunung. Logistik dikirim oleh tim SAR Charlie dan Delta yang diberangkatkan dari posko Jumat pagi.

Sebanyak 258 tim logistik diberangkatkan pagi tadi, masing-masing tim membawa 336 paket. "Satu personel membawa dua paket logistik, ada nasi bungkus dan makanan dalam kaleng," katanya.

Makmur mengatakan, saat ini ada 75 personel berada di atas Gunung Salak. Mereka merupakan tim pertama (Alpha dan Beta) yang diberangkatkan sejak Kamis (10/5/2012).

Pendirian Poskodal di Cipelang berdasarkan pertimbangan lokasi tersebut merupakan akses terdekat untuk melakukan evakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 yang hilang kontak sejak Rabu (9/5/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com