Kamis, 27 November 2014

News / Nasional

7 Summits Expedition

Tim Bravo Tiba di Kamp Utama Everest

Kamis, 10 Mei 2012 | 21:22 WIB

KAMP UTAMA EVEREST, KOMPAS.com — Tim Bravo Indonesia 7 Summits Expedition akhirnya tiba di Kamp Utama Everest (5.364 meter di atas permukaan laut/mdpl), Kamis (10/5/2012) siang waktu setempat.

Wartawan Kompas Harry Susilo, yang bergabung bersama Tim Bravo, Kamis malam ini, melaporkan, mereka melepas para pendaki inti yang akan mendaki puncak Everest dan berbincang dengan pemandu yang mendampingi pendaki.

Tim Bravo yang terdiri atas para pendaki senior Wanadri dan media massa melepas dua pendaki tim ekspedisi, yakni Ardeshir Yaftebbi dan Fajri Al Luthfi yang berencana mendaki ke puncak Everest (8.848 mdpl) pada 19 Mei mendatang. Mereka juga berbincang dengan Hiroyuki Kuraoka, pemandu Mountain Experience.

Menurut Hiro, kedua pendaki dalam kondisi fisik yang sangat baik dan telah mengikuti program aklimatisasi dengan baik. "Sekarang tinggal menunggu cuaca baik saja untuk mendaki ke puncak," ujar Hiro.

Ketua Harian Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia Indonesia Yoppi Rikson Saragih, yang tergabung dalam Tim Bravo, berharap Hiro mampu membawa kedua pendaki dari Wanadri ini mencapai puncak. Hiro adalah pemandu yang berhasil membawa empat pendaki Mahitala Universitas Katolik Parahyangan ke puncak Everest pada Mei 2011.

Perjalanan Tim Bravo menuju Kamp Utama Everest dimulai dari Kathmandu pada Kamis (3/5/2012), lalu menuju Bandara Lukla (2.850 mdpl) menggunakan pesawat berkapasitas 14 orang. Tim kemudian berjalan kaki ke Desa Phakding. Dari Desa Phakding perjalanan dilanjutkan ke Namche Bazaar (3.440 mdpl) dan menginap dua hari di tempat itu untuk aklimatisasi.

Tim Bravo lalu berjalan lagi sekitar delapan jam ke Tengboche (3.860 mdpl) dan menginap semalam. Hari beikutnya dilanjutkan ke Desa Periche (4.250 mdpl) lalu ke Lobuche (4.910 mdpl) dan Gorak Shep (5.140 mdpl), sebelum akhirnya mencapai Kamp Utama Everest.

Setelah berbincang dengan pendaki dan Hiroyuki, Tim Bravo kembali menuju Gorak Shep.


Penulis: Harry Susilo
Editor : Agus Mulyadi