Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puing Bertanda Sukhoi Terlihat di Dasar Jurang

Kompas.com - 10/05/2012, 14:16 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Tim TNI Angkatan Udara, Kamis (10/5/2012), melihat tanda Sukhoi pada puing-puing pesawat yang jatuh di Gunung Salak. Puing bertanda Sukhoi berada di jurang suatu tebing yang ditabrak pesawat berawak 44 orang itu.

Demikian diungkapkan oleh Mayor (Pnb) Muhammad Reza Yudha Fahlefie, pilot helikopter NAS-332 Superpuma Skuadron Udara 6 Atang Sendjaja, di Pos Komando SAR Sukhoi Superjet 100 Pangkalan Udara Atang Sendjaja.

"Kami menjadi yakin. Kopilot melihat lambang Sukhoi pada puing pesawat di jurang tebing," kata Fahlefie. Namun, cuaca buruk menyulitkan tim untuk mengobservasi keadaan lebih lama. Sulit dipastikan adanya tanda kehidupan dari korban pesawat. Bahkan, tim penyelamat tidak bisa diturunkan karena lokasi terdekat dan teraman tidak bisa ditentukan.

Akhirnya, Kopilot Letnan Satu Pnb Budiono pada pukul 09.10 berhasil memotret lokasi jatuhnya pesawat. Lokasi itu terletak pada koordinat 06° 43' 08" Lintang Selatan dan 106° 43' 15" Bujur Timur. Lokasi evakuasi terdekat ialah Desa Cijeruk.

Fahlefie mengatakan, tim penyelamat dari TNI AU akan diberangkatkan lagi dari Lanud Atang Sendjaja apabila cuaca membaik. Saat ini, harapan terbesar, lokasi jatuhnya pesawat di tebing yang terjal dan tidak ada jalur pendakian itu bisa dijangkau oleh tim SAR lewat jalur darat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com