Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Siagakan 15 Ambulans dan 4 Helikopter

Kompas.com - 10/05/2012, 11:10 WIB
M.Latief

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Palang Merah Indonesia menyiagakan 15 ambulans dan empat buah helikopter dalam operasi kemanusiaan pencarian pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang hilang kontak sejak Rabu (9/5/2012). Empat heli yang disiagakan terdiri atas dua heli evakuasi dan dua heli ambulans.

"Kami menurunkan 15 ambulans yang terdiri atas 10 ambulans pertolongan gawat darurat dan lima ambulan jenazah," kata Penanggung Jawab Operasi Kemanusiaan PMI, Abidin, di Pos Pengendali Rindam, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5/2012).

Abidin mengatakan, sebanyak 80 relawan PMI dikerahkan dalam operasi tersebut yang dipusatkan di Pos Rindam Gunung Bunder, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

"Heli akan digunakan pada saat evakuasi untuk jalur udara agar gerak lebih cepat," kata Abidin.

Abidin mengatakan, PMI juga telah menyiagakan 100 kantong mayat untuk proses evakuasi. Menurut dia, tim PMI juga mendapat bantuan tenaga dari sejumlah daerah, yakni Jakarta, Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Bandung.

Dia mengatakan, relawan PMI yang turun merupakan tim pertolongan pertama dan tim asesment. Relawan PMI juga akan ikut dalam tim pencarian.

"Rute evakuasi bila ada korban akan dirujuk ke rumah sakit terdekat, yakni RS Atang Sanjaya," katanya.

Selain PMI, tim kesehatan juga melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang menurukan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pamijahan sebagai perwakilan terdekat di lokasi.

"Kami ada tim dokter, bidan, dan perawat yang disuruh siaga dalam operasi ini. Kami juga menyiapkan satu ambulan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor," kata Kepala UPT Puskesmas Pamijahan dr Dian Nurdiani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com