Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Tentukan Tiga Lokasi Pencarian Sukhoi Superjet 100

Kompas.com - 10/05/2012, 01:57 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Martinus Sitompul menyatakan, pada Kamis (10/5/2012) pukul 05.00 pagi ini tim gabungan pencarian Sukhoi Superjet 100 akan melanjutkan mencari pesawat yang hilang itu.

Kekuatan personel gabungan yang dikerahkan secara keseluruhan terdiri dari 711 orang. Tim tersebut meliputi Brimob Polda Jabar, Polres Bogor, Yon 315, Yon Kopassus, Kodim, Lanud ATS, PMI, BPBD, Tagana, dan RAPI. Personel disusun menjadi 30 tim pencarian.

"Tim fokus di tiga lokasi pencarian yang dipusatkan di Gunung Salak, sekitar Desa Gunung Sari, dan Kecamatan Pamijahan," kata Martinus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/5/2012) malam.

Martinus menyatakan, posko operasi ini terletak di Markas Kodiklat Rindam Jaya, Desa Cibatok, Kecamatan Pamijahan. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan lima helikopter, yaitu empat dari PMI dan satu dari Lanud ATS.

Sementara itu, menurut Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi, pihaknya fokus mencari black box pesawat Sukhoi tersebut. Black box ini penting untuk mengetahui penyebab hilangnya pesawat itu saat terbang. "KNKT akan menjadi leading, memimpin untuk mengikuti pencarian ini. Saya sudah pesan tolong tim SAR mengamankan black box karena itu menjadi salah satu bagian penting," kata Tatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com