Rabu, 22 Oktober 2014

News / Nasional

Pesawat Sukhoi Hilang

Warga Lihat Pesawat Mengarah ke Cidahu

Rabu, 9 Mei 2012 | 23:55 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com — Salah seorang warga Pamijahan, Kabupaten Bogor, sempat melihat sebuah pesawat mengarah ke Gunung Salak lalu ke arah Cidahu. Keterangan itu sesuai dengan titik koordinat pesawat Sukhoi hilang kontak, Rabu (9/5/2012) siang.

"Ada seseorang warga bernama Juanda yang sempat lihat. Sewaktu saya tanya apa mengarah ke Cidahu, katanya benar. Jadi ada kesinambungan dengan titik koordinat pesawat hilang kontak," kata Kepala SAR Jakarta, Ketut Parwa, saat ditemui di posko pencarian di Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam ini.

Menurut dia, pesawat diduga hilang kontak dalam perjalanan dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Pihaknya baru berani menyatakan pesawat hilang pada 18.20 WIB, atau empat jam setelah pesawat lepas landas.

Hal itu didasarkan pada persediaan bahan bakar pesawat, yang mencukupi untuk perjalanan empat jam.

Ketut belum bisa memastikan di mana pesawat itu diduga jatuh. Pencarian hanya dilakukan berdasar data titik koordinat pesawat hilang.

Namun, dengan kemungkinan titik koordinat itu, Cidahu termasuk jalur terdekat untuk mencapai koordinat tersebut ketimbang dari arah Pamijahan, Bogor.


Penulis: Antony Lee
Editor : Agus Mulyadi