Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Dua Helikopter Bantuan "Balik Kanan"

Kompas.com - 09/05/2012, 23:00 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Usaha pencarian pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan nomor penerbangan 36801RA oleh tim Basarnas terkendala cuaca buruk. Akibatnya, dua helikopter yang sempat diturunkan untuk pencarian lewat udara ditarik kembali.

"Ketika kami mendengar info lose contact, kami langsung menerbangkan dua helikopter Super Puma, satu dari Halim, satu dari Bogor. Karena cuaca tak mungkin sehingga helikopter kembali," ujar Ketua Basarnas Daryatmo di ruang Terminal Kedatangan Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Rabu (9/5/2012).

Ia mengungkapkan, akibat cuaca yang kurang baik, fokus pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Basarnas, TNI AD, TNI AU, polisi, serta dibantu oleh warga akhirnya difokuskan ke pencarian melalui jalan darat. "Siapa tahu ada informasi dari masyarakat atau dari pihak mana pun dalam bentuk apa pun merupakan info berharga bagi kami agar kemudian kami akan evakuasi," lanjutnya.

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma tersebut diketahui hilang kontak dari menara pengawas pada pukul 14.33 WIB. Saat itu, diketahui terdapat 50 orang penumpang yang terdiri dari 42 orang sipil dan 8 orang awak pesawat. Pesawat berbendera Rusia tersebut melakukan demo penerbangan dengan mengundang sekitar 100 undangan yang terdiri dari pebisnis bidang penerbangan dan media massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com