Rabu, 23 April 2014

News / Nasional

Pilot Senior yang "Bawa" Sukhoi Superjet 100

Rabu, 9 Mei 2012 | 19:19 WIB

KOMPAS.com - Sebuah pesan di Twitter dari seorang blogger sekaligus penyuka perjalanan, Sergey Dolya menyebutkan pilot senior Aleksandr Yablontsev yang mengemudikan Sukhoi Superjet 100 yang hilang di wilayah udara antara Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dan Pelabuhan Ratu (Jawa Barat). Yablontsev, menurut Dolya, adalah pilot yang biasa menguji pesawat-pesawat anyar.

Sementara, menurut warta rt.com pada Rabu (9/5/2012), kopilot pesawat sipil yang tengah dipromosikan kepada maskapai-maskapai penerbangan Indonesia itu adalah Aleksandr Kochetkov.

Lalu, warta dari RIA Novosti, pada hari sama, ada enam penumpang berkewarganegaraan Rusia yang ikut dalam pesawat tersebut. Mereka adalah Oleg Shvetsov (navigator penerbangan), Aleksey Kirkin (ahli mesin pesawat), Dennis Rakhmanov (pemimpin pengujian penerbangan), dan Nikolay Martyshenko (deputi pemimpin pengujian penerbangan).

Selanjutnya, dua orang petinggi perusahaan Sukhoi yang juga ada di dalam pesawat itu adalah Direktur Penjualan Evgeny Grebenshchikov dan Manajer Kontrak Kristina Kurzhukova.

Sukhoi memang tengah mempromosikan pesawat sipilnya untuk kawasan Asia. Sebelum terbang di Jakarta, pesawat itu sudah menunjukkan kebolehannya di Myanmar, Pakistan, dan Kazakstan. Menurut rencana, pesawat itu juga akan terbang ke Laos dan Vietnam.

Dari Indonesia, tercatat maskapai penerbangan Batavia Air, Pelita, Air Aviastar, dan Sriwijaya Air yang terbilang menjadi pembeli potensial.


Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus