Rabu, 3 September 2014

News / Nasional

Cari Sukhoi, SAR Kerahkan Helikopter ke Gunung Salak

Rabu, 9 Mei 2012 | 19:16 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional atau Basarnas mengerahkan helikopter dan anggotanya untuk mencari pesawat Sukhoi Superjet 100 yang hilang di kawasan Bogor, Jawa Barat.

"Begitu mendapat informasi pesawat hilang kontak, kita kirimkan helikopter untuk mencari di kawasan Gunung Salak. Tapi karena buruk, pesawat sudah kita tarik kembali," jelas Kepala Basarnas Marsda Daryatmo, Rabu (9/5/2012).

Menurut Daryatmo, pencarian difokuskan di kawasan Gunung Salak dan Gunung Pangrango, Bogor. Soalnya, kontak terakhir pesawat tersebut berada di sekitar kedua wilayah.

Selain pencarian lewat udara, Basarnas juga sudah mengerahkan timnya untuk mencari melalui jalur darat.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk mencari melalui jalur darat. Kita sudah bergerak ke Gunung Salak," jelas Daryatmo.

Pilot pesawat itu sempat mengontak memberitahu bahwa pesawat sedang terbang di ketinggian 10 ribu kaki di atas wilayah Bogor. Dan pada pukul 15.30 WIB, pilot meminta izin untuk menurunkan pesawat di ketinggian 6.000 kaki.

Pesawat Sukhoi Superjet100 ini berada di Indonesia untuk melakukan tes terbang. Pesawat penumpang ini sedang ditawarkan ke maskapai penerbangan di Indonesia.(Yulis Sulistyawan)


Editor : Tri Wahono
Sumber: