Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Kurang Puas Ekonomi Tumbuh 6,3 Persen

Kompas.com - 07/05/2012, 17:17 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan rasa tidak puasnya terhadap realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2012 sebesar 6,3 persen. Namun demikian, ia optimistis ekonomi nasional akan tumbuh lebih baik pada kuartal mendatang.

"Ya saya kira 6,3 persen dalam situasi global yang rata-rata mengalami penurunan pertumbuhan dan Eropa masih seperti itu," sebut Hatta seusai menghadiri rapat koordinasi terkait Perpres Pengadaan Tanah, di Kantor Menko Perekonomian, Senin (7/5/2012).

Tidak hanya Eropa, Hatta menyebutkan, kondisi ekonomi China dan India juga sedang tidak bagus. Pertumbuhan ekonomi kedua negara melambat. "Kita lihat China pertumbuhannya melambat, India juga begitu maka kita untuk kuartal I seperti ini. Walaupun saya sendiri kurang begitu puas karena saya mengharapkan 6,5 persen," tambah dia.

Tapi, Hatta berujar, biasanya kondisi lebih baik akan terjadi pada kuartal-kuartal mendatang. Hatta yakin pertumbuhan ekonomi akan terakselerasi. Apalagi pengeluaran Pemerintah belum optimal pada kuartal pertama tahun ini. "Kedua, kita harus juga menjaga daya beli masyarakat agar konsumsi ini keep buying karena ini mendorong pertumbuhan. Saya optimis pada kuartal ke depan ini akan jauh lebih baik," pungkas dia.

Hari ini, Badan Pusat Statistik mengeluarkan rilis bahwa ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan 6,3 persen sepanjang kuartal I-2012. "Produk domestik bruto atau PDB Indonesia tumbuh sebesar 6,3 persen," sebut Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (7/5/2012).

Ia menjelaskan perekonomian Indonesia pada triwulan I tumbuh baik secara kuartal dan tahunan. Secara tahunan tumbuh 6,3 persen, sedangkan dari triwulan IV 2011 tumbuh 1,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com