Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Sudah Bulat

Kompas.com - 07/05/2012, 01:54 WIB

Surabaya, Kompas - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan, dukungan partainya terhadap pencalonan dirinya sebagai presiden telah bulat. Dukungan itu juga sudah mengalir dari Dewan Pimpinan Daerah II Partai Golkar Banda Aceh yang sebelumnya menolak.

”DPD II Banda Aceh juga sudah menyatakan dukungan. Tidak ada masalah lagi,” kata Aburizal yang biasa disapa Ical saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD II Golkar Kota Surabaya, Sabtu (5/5), di Surabaya, Jawa Timur. Dukungan itu termasuk dukungan terhadap digelarnya Rapat Pimpinan Nasional pada Juni 2012.

Aburizal mengakui pencalonan dirinya sebagai presiden banyak dipersoalkan. Namun, hal itu merupakan konsekuensi karena Partai Golkar adalah partai besar dan kuat.

Seperti diberitakan, langkah Aburizal yang maju sebagai calon presiden dari Partai Golkar sempat menimbulkan polemik. Ketua DPD II Partai Golkar Banda Aceh Muntasir Hamid menyatakan dukungan DPD diduga tidak murni dan disinyalir ada intimidasi. Jika tidak mendukung, tidak akan dimasukkan dalam daftar calon anggota legislatif pada Pemilu 2014.

Namun, menurut Aburizal, Partai Golkar saat ini ibarat rumah yang terang dan dikerumuni banyak laron. ”Golkar sekarang bersinar terang sehingga banyak orang yang ingin masuk ke Partai Golkar,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Martono, Minggu (6/5), di Surabaya, mengatakan, semua 38 DPD II Partai Golkar di Jatim sudah mendukung Aburizal. Bahkan, DPD Partai Golkar Jatim juga akan mengusulkan Gubernur Jatim Soekarwo dari Partai Demokrat sebagai wakil presiden dari Partai Golkar.

Mengenai sosok Aburizal, Martono menilainya sebagai sosok yang bertanggung jawab sehingga layak jadi pemimpin. Hal itu terlihat ketika Aburizal tetap mau bertanggung jawab dalam kasus lumpur Lapindo. Catatan Kompas, saat ini Lapindo baru sanggup melunasi Rp 400 miliar dari total tunggakan pembayaran ganti rugi sebesar Rp 1,1 triliun.

Selain membuka Rakerda, Aburizal pada Sabtu lalu juga memberi ceramah kewirausahaan kepada sejumlah pelajar SMA dan SMK di Gedung Juang 45 Surabaya. Aburizal juga menemui para pedagang di Pasar Atom Surabaya yang mayoritas pedagangnya masyarakat Tionghoa. Sebelum ke Surabaya, Aburizal berkunjung ke Probolinggo untuk menemui tokoh agama.

Namun, Zainal Bintang, Ketua DPP Partai Golkar periode 2004-2009, pekan lalu mengatakan, kebulatan tekad yang dipakai dalam penetapan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon presiden dari partainya adalah konsep usang. Model itu juga berpotensi memicu gejolak internal yang dapat memperlemah partai.

Zainal menilai, memobilisasi pengurus DPD I dan DPD II ke rumah pribadi Aburizal untuk mendukungnya sebagai capres berpotensi menafikan aspirasi mayoritas yang konstitusional. Cara itu juga seperti kebulatan tekad di masa Orde Baru, yang cenderung tak demokratis, tidak transparan, dan menggunakan tekanan kekuasaan. Untuk itu, Zainal berharap, Golkar mengkaji ulang rencana penetapan Aburizal sebagai capres tunggal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com