Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSM Kecam Pembubaran Diskusi Irshad Manji

Kompas.com - 05/05/2012, 11:56 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembubaran paksa oleh polisi terhadap diskusi dan peluncuran buku yang berjudul Allah, Liberty and Love di Teater Salihara, Jakarta, Jumat (4/5/2012), dinilai mencederai kebebasan berekspresi. Acara diskusi dan peluncuran buku ini menghadirkan feminis Islam asal Kanada, Irshad Manji, sebagai pembicara.

Pembubaran paksa dilakukan polisi atas desakan massa yang mengaku anggota Front Pembela Islam. Sejumlah lembaga swadaya masyarakat, seperti Komunitas Salihara, Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) Jakarta, YLBHI, Elsam, LBH Jakarta, Kontras, dan Jaringan Islam Independen, mengecam pembubaran paksa tersebut.

"Cara polisi membubarkan diskusi sangat bermasalah dan cenderung menebar ancaman. Polisi tidak menangkap massa yang masuk dan mencoba mengganggu diskusi, justru tindakan yang diambil polisi adalah mengakomodasi tuntutan massa dan meneruskan aspirasinya untuk membubarkan diskusi," demikian isi siaran pers tersebut, Sabtu (5/5/2012).

Koalisi LSM ini menyatakan, diskusi yang bersifat ilmiah ini merupakan bagian dari hak konstitusi warga negara untuk memperoleh informasi, berkumpul, dan berpendapat yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945. Polisi yang dipimpin Kapolsektro Pasar Minggu Komisaris Adri Desas Puryanto membubarkan diskusi dengan alasan bahwa acara tersebut tak memiliki izin keramaian.

Alasan ini dinilai tak berdasar dan melecehkan hak asasi manusia. Koalisi LSM ini menyatakan, polisi seharusnya tak membiarkan massa memaksa masuk ke dalam Salihara, serta mengeluarkan ancaman yang bermuatan kebencian. Akibat pembubaran paksa, Irshad Manji meninggalkan Teater Salihara dengan dikawal satu mobil polisi dari Kepolisian Sektor Pasar Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com