Rabu, 23 April 2014

News / Nasional

Sutan Bhatoegana Incar Kursi Gubernur Sumut

Kamis, 3 Mei 2012 | 12:31 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana ternyata mengincar kursi Gubernur Sumatera Utara. Sutan bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Sumut yang akan diselenggarakan pada Maret 2013.

"Saya sudah mapan di Jawa ini. Saya mau turun gunung ke Sumut," kata Sutan ketika dihubungi, Kamis (3/5/2012).

Sutan mengaku sudah mendapat restu dari Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. Awalnya, cerita Sutan, ia menanyakan terlebih dulu ke koordinator pemenangan PD di Sumut, Jhonny Alen, apakah sudah ada kader PD yang akan maju di Pilkada Sumut.

"Pak Jhonny bilang tidak ada. Saya bilang Sumut itu lumbung suara, jangan dikasih ke (partai) yang lain. Pak Jhonny bilang jangan, kita butuh Abang di pusat. Saya katakan pusat itu perlu didukung daerah," cerita Sutan.

"Saya laporlah ke Mas Anas. Dia bilang saya levelnya menteri. Saya bilang kapan menterinya, belum jelas. Itu kampung halaman saya. Izinkan saya turun. Kalau begitu baik kata Mas Anas," tambah Ketua DPP PD itu.

Apa alasan ingin jadi cagub di Sumut? Menurut Sutan, Sumut adalah daerah yang kaya, tetapi ketinggalan dari segi pembangunan. "Kalau Anda naik mobil dari Sumbar ke Sumut, ketika terbangun pasti tahu sudah sampai Sumut karena jalannya bergelombang. Sudah cukuplah Sumut tertidur," katanya.

Sutan menambahkan, alasan lain yakni lantaran besarnya dukungan dari warga Sumut kepada PD maupun dirinya ketika Pemilu 2009. Di Sumut, kata dia, PD mendapat sekitar 30 persen suara. Adapun dirinya berada di posisi empat dari 10 calon legislatif yang lolos ke DPR.

Anggota Komisi VII itu mengaku sudah berkeliling ke berbagai daerah di Sumut, seperti Tapanuli Selatan dan Sibolga, dalam masa reses ini untuk melihat tingkat dukungan. "Ternyata saya disambut luar biasa. Banyak juga dukungan," pungkas Sutan.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto