Kamis, 18 Desember 2014

News / Nasional

Seuntai Garnet dalam Hidup Endang Sedyaningsih

Kamis, 3 Mei 2012 | 09:40 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum berpulang, Endang Rahayu Sedyaningsih sempat menulis sebuah buku berjudul Seuntai Garnet dalam Hidupku. Buku karya Menteri Kesehatan nonaktif itu ditunjukkan oleh staf Kementerian Kesehatan kepada para wartawan pada saat persemayaman almarhumah di Kemenkes. Buku tersebut berisi tentang kehidupan pribadi almarhumah serta keluarganya.

Selain itu, almarhumah juga menuliskan cerita tentang kehidupan profesional di bidang kesehatan, mulai dari pengalaman berada di Puskesmas NTT hingga pengangkatannya sebagai Menteri Kesehatan. Tidak hanya itu, dalam buku yang baru akan diterbitkan untuk umum pada Kamis  pekan depan itu, almarhumah juga menuliskan kisahnya saat mendapat vonis penyakit kanker.

Buku terakhir karya almarhumah tersebut ditulis oleh almarhumah dibantu Isfandari, peneliti Balitbang Kemenkes dan sahabat almarhumah. Editor dalam buku terakhir ini adalah Isye, yang sebelumnya juga membantu almarhumah dalam penerbitan buku hasil disertasinya berjudul Perempuan-perempuan Kramat Tunggak.

Buku Seuntai Garnet dalam Hidupku tersebut akan diterbitkan oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia). Sebelum diterbitkan masih ada beberapa revisi, terutama untuk sampul depan dan tambahan foto.


Penulis: Dyama Khazim Setyadi
Editor : Hertanto Soebijoto