Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endang Sekolahkan Asisten Rumah Tangganya

Kompas.com - 02/05/2012, 22:56 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih akibat sakit kangker stadium empat rupanya tak hanya hanya menorehkan duka bagi keluarga atau jajaran Kementrian Kesehatan, namun juga bagi Aris Santoso (18) dan Asep (21).

Kedua pemuda ini adalah orang yang sehari-hari membantu pekerjaan di kediamannya di Jl. Pendidikan Raya III Blok J-55 komplek IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepada Kompas.com, ia pun mengungkapkan rasa duka yang mendalamnya.

"Ya disuruh sekolah saja biar siapa tahu suatu hari nanti bisa bekerja lebih baik, walaupun misalnya kita keluar, jadi lebih baik lah," ujarnya saat ditemui di dapur kediaman almarhum, Rabu (2/5/2012).

Ia mengungkapkan almarhumah sangat memperhatikan pendidikan bagi pekerja di rumah tersebut. Bahkan wanita yang telah menjabat sebagai Menkes dalam Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014, 22 Oktober 2009 lalu itu mendukung cita-cita Aris untuk menjadi tentara.

"Ibu mendukung cita-cita saya mau jadi tentara, ibu juga setuju yang penting pendidikan yang dikasih sama dia bermanfaat," lanjutnya.

Sementara bagi Asep, almarhumah sempat menawarkan pendidikan formal kepada dirinya, namun mengingat tanggung jawabnya yang besar bekerja di kediamannya, ia pun lebih memilih untuk mengambil paket C.

"Ketika saya masuk di sini, ibu menawarkan sekolah bahkan ibu pernah menawarkan untuk sekolah formal, tapi saya menolaknya lebih memilih sekolah informal. Melihat tanggung jawab karena kerja di sini," lanjutnya.

Meski perannya hanya sebagai pekerja di rumahnya, kepergian almarhumah tetap menjadi duka mendalam bagi dirinya. Kedua orang ini pun berharap agar amal ibadah almarhumah diterima di sisi Tuhan.

"Walaupun kita di sini cuma pekerja nanti bisa dipakai dengan baik ijazah yang diberikan sama beliau, mudah-mudahan saja tercapai," lanjutnya.

Jenazah Endang malam ini disemayamkan di rumah duka. Berdasarkan pantauan Kompas.com, beberapa tokoh turut hadir ke rumah tersebut termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com