Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pesan Terakhir Endang kepada Jajarannya

Kompas.com - 02/05/2012, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Suasana duka masih menyelimuti para pelayat yang berdatangan di kediaman mantan Menteri Kesehatan, almarhum Endang Rahayu Sedyaningsih, di Jalan Pendidikan Raya III Blok J-55 Kompleks IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (2/5/2012).

Saat ditemui wartawan di sela-sela pelayatannya di rumah duka, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Ratna Rosita menyatakan bahwa almarhum ketika masih menjabat sebagai menteri mengamanahkan pesan terakhir untuk seluruh jajaran Kementerian Kesehatan.

"Dia SMS saya terakhir 30 Maret, saya masih simpan. Dia panggil saya Bu Yos. Bu Yos, ayo kita merapatkan barisan, semakin kompak, jangan terpecah belah. Karena saya kan Sekjen ya, jadi harus mengoordinasikan semua," kenangnya.

Ratna melanjutkan, pesan tersebut pun mendapat respons positif dari seluruh jajarannya. Hal tersebut terbukti dari para pelayat dari bawahannya di Kemenkes yang tak henti-hentinya berdatangan ke rumah duka.

"Orang tau beliau sakit, pada masa krisis, kami tidak berhenti-berhenti menerima tamu para menteri, menteri yang kemarin dateng, sekarang dateng lagi," lanjutnya.

Endang mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 11.41 WIB. Menkes diketahui mulai menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sejak bulan Oktober 2010. Endang juga sempat menjalani perawatan di Guangzhou, China, pada bulan Oktober-November 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com