Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Kamar Ada Pemandian Air Belerang...

Kompas.com - 02/05/2012, 07:51 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Di Jepang, onsen atau pemandian air panas begitu digemari masyarakatnya. Sampai-sampai mereka meluangkan waktu saat liburan untuk mengunjungi daerah-daerah yang memiliki onsen.

Di Indonesia sebenarnya ada beberapa tempat pemandian air panas. Salah satu yang terkenal di daerah Jawa Barat adalah kawasan Cipanas di Garut. Ya, daerah ini identik dengan pemandian air panas.

Ada banyak penginapan di sepanjang Jalan Cipanas. Sebagian besar penginapan menawarkan hal yang sama yaitu berendam di air panas. Walaupun ada pula hotel-hotel standar tanpa pemandian air panas.

Jika Anda pikir pemandian air panas yang dimaksud sekadar shower di kamar mandi yang mengucurkan air panas, silahkan pikir ulang. Air panas ini mengandung belerang, layaknya pemandian air panas di pegunungan.

Salah satu penginapan yang menyediakan pemandian air panas adalah Banyu Alam dan Sumber Alam. Nama-nama pemandian air panas di Cipanas begitu mirip, sehingga wisatawan kadang tak bisa membedakan resor satu dengan yang lainnya.

Nah, jika bujet Anda tipis, bisa pilih Banyu Alam Resort-Hotel. Saat melangkah masuk ke dalam, lobi hotel belum memberi kesan. Tetapi saat melangkah keluar lobi menuju kamar, barulah kesan resor terasa. Di tengah-tengah terdapat danau kecil, sementara di tepi-tepi adalah rumah panggung dari bambu.

Rangka rumah sebagian berada di atas danau. Setiap rumah ini adalah kamar-kamar yang ditempati tamu. Nuansa alami khas pedesaan makin terasa saat masuk ke dalam kamar. Dinding dan langit-langit dari anyaman bambu. Sementara lantai dari kayu.

Setiap kamar terdiri dari ruang tidur, ruang makan lengkap dengan meja dan kursi, lalu ruang televisi. Ruang televisi ini begitu luas dengan televisi sederhana, bukan televisi layar datar. Asyik menonton sambil lesehan.

Bersiaplah terkejut saat masuk ke dalam kamar mandi. Kamar mandi sangat luas, layaknya ruangan tidur tersendiri. Sisi satu adalah pancuran mandi sementara sisi satu lagi adalah bak berendam. Tetapi bak berendam ini sangat luas dan dalam.

Ya, bak berendam inilah pemandian air panas yang dimaksud. Di bak terdapat dua keran, keran pertama mengalirkan air dingin biasa, sedangkan keran kedua adalah air belerang yang panas. Kelar berendam, tamu bisa mandi dan langsung bersantai menonton televisi atau sekadar duduk-duduk di teras kamar yang menghadap langsung ke danau buatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com