Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Buruh, Partai Buruh Ziarah ke TMP

Kompas.com - 01/05/2012, 22:26 WIB
Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Buruh, jajaran elit Partai Buruh melakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Kusuma Negara Yogyakarta, Selasa (1/5/2012). Mereka berziarah selain untuk mengenang dan menghormati para pahlawan, juga untuk meneladani semangat perjuangan tanpa pamrih yang dicontohkan para pahlawan.

Ketua Dewan Pembina Partai Buruh, Bugiakso, mengatakan bangsa Indonesia yang saat ini tengah mengalami krisis kepemimpinan dan kehilangan sosok panutan pada para pemimpinnya, perlu kembali menggali sejarah untuk mengenang dan meneladani semangat perjuangan para founding father.

"Generasi 45 adalah generasi terbaik bangsa ini, kita melakukan ziarah ke makam mereka dalam rangka upaya meneladani semangat perjuangan mereka. Saya rasa ini perlu dilakukan oleh generasi muda untuk menyerap energi positif mereka," kata Bugiakso.

Lebih lanjut Bugiakso mengatakan, sudah setengah abad lebih Indonesia merdeka, namun kemerdekaan itu belum dirasakan oleh sebagian besar bangsa Indonesia. Bahkan dari sekitar 46 juta buruh di Indonesia, 85 persennya atau sekitar 39 juta masih hidup dengan upah yang tidak layak.

"Merupakan sebuah ironi Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, namun kita masih impor beras. Sama ironisnya kita sebagai petani lombok, tapi saat harga lombok tinggi kita justru sedih," lanjut Bugiakso.

Menurut Bugiakso kondisi tersebut harus diakhiri. Bangsa Indonesia harus bangkit dan bermartabat. Buruh harus mendapatkan upah yang layak dan para petani harus menjadi produsen bahan pangan yang andal. "Partai Buruh bertekad untuk memelopori perubahan itu," pungkas Bugiakso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com