Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ical Tekankan Pemberdayaan Usaha Pedesaan

Kompas.com - 01/05/2012, 13:11 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Meski sempat diwarnai demo penolakan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie akhirnya tetap memberikan kuliah umum di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Selasa (1/5/2012).

Dalam kuliah umum itu, Ical, sapaan Aburizal Bakrie, menekankan pentingnya pembangunan ekonomi pedesaan dengan pengembangan usaha kecil. Pembangunan ekonomi pedesaan diyakini mampu menjadi penopang ekonomi nasional dan pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

Di depan sekitar 250 mahasiswa yang memadati Gedung Rudiro Unsoed Purwokerto, Ical menegaskan, pemerintah harus semakin berpihak kepada ekonomi pedesaan.

"Salah satu kendala pembangunan ekonomi pedesaan adalah persoalan pendanaan. Ini yang harus ditingkatkan dengan pemberian kredit usaha rakyat," ujarnya.

Dia mengakui, kendala utama pemberdayaan ekonomi pedesaan adalah pada akses pendanaan. Selain itu, kendala lain adalah pada akses pemasaran dan akses pada teknologi informasi.

Menurut Ical, kaum pedesaan sebenarnya memiliki kemampuan dan kapabilitas yang setara dengan umumnya warga perkotaan. Namun, keterbatasan akses warga desa membuat pembangunan ekonomi kecil menjadi terbatas.

"Jangan dikira warga desa itu bodoh. Mereka sebenarnya punya nalar banyak, tetapi hanya karena keterbatasan akses sajalah mereka susah berkembang. Akses ini yang menjadi tanggung jawab kita bersama, pemerintah, perbankan, dan kalangan akademisi," papar Ical.

Kunjungan Ical ke Purwokerto sebagai salah satu pendekatan di kalangan pendidikan. Sebelum di Unsoed, Ical juga berdialog dengan kalangan pendidik di SMA 2 Purwokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com