Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unsoed Bakar Karikatur Ical

Kompas.com - 01/05/2012, 12:49 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Sekitar 25 mahasiswa dari Lintas Gerakan Banyumas, Selasa (1/5/2012), berunjuk rasa di depan kampus Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mereka menolak kedatangan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang hari ini rencananya memberi kuliah umum di kampus tersebut.

Aksi dimulai sekitar pukul 10.45. Para mahasiswa yang terdiri dari LMND, PMKRI, IMM, BEM Universitas Muhammaddyah Purwokerto, LM NASDEM, dan GMNI memblokir jalan HR Bunyamin tepatnya di depan kampus pusat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Mereka membentangkan berbagai poster dan spanduk berisi pesan penolakan terhadap kedatangan Bakrie. Menurut Koordinator Lapangan Aksi, Lukman Hakim, kedatangan Aburizal Bakrie sebagai sosok pengusaha Indonesia yang memiliki banyak masalah menyangkut perusahaannya harus disikapi dengan cermat.

"Perlu diingat bahwa Minarak Lapindo, salah satu anak perusahaan Bakrie Group, masih meninggalkan permasalahan menyangkut Lapindo. Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo hingga saat ini masih terkatung-katung dalam masalah ganti rugi, baik materiil maupun immaterial," ujarnya.

Untuk itu, mahasiswa menunutut Bakrie Group menuntaskan kasus Lapindo dan mengembalikan hak-hak masyarakatnya.

Aksi tersebut sempat diwarnai bakar ban dan membakar karikatur wajah Aburizal Bakrie. Polisi pun mengalihkan lalu lintas di jalan HR Bunyamin melalui halaman dalam Unsoed.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com