Kamis, 2 Oktober 2014

News / Nasional

TNI Kirim Kendaraan Taktis ke Papua

Senin, 30 April 2012 | 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — TNI mengirim tambahan kendaraan taktis (rantis) ke Papua. Pengangkutan dilakukan dengan KRI Banjarmasin-592. Rantis ini diadakan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Pendistribusian kendaraan taktis dan perlengkapan lainnya ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan dukungan kepada prajurit di daerah dan mengoptimalkan kinerja dalam menjaga keamanan serta kedaulatan Indonesia," kata Kepala Penerangan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Letkol Laut Maman Sulaeman, Senin (30/4/2012) di Jakarta.

Menurut Maman, kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) yang dikomandani Letkol Laut (P) Aris Harijadi ini bertolak dari dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Minggu (29/4/2012).

Selain mengangkut rantis, KRI Banjarmasin juga membawa perlengkapan lainnya, seperti crane dan forklift, di antaranya milik Kodam XVI/Pattimura dan Kodam VII/Cendrawasih.

Sementara rantis TNI AL yang akan dibawa ke Surabaya dan ke wilayah Indonesia timur, seperti Makassar, Ambon, Sorong, dan Jayapura.

Selain sebagai kapal angkut, KRI Banjarmasin-592 dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya. Kapal ini juga mampu mengangkut lima unit helikopter (tiga di geladak heli, dua di hanggar). Selain itu, juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.


Penulis: Edna C Pattisina
Editor : Nasru Alam Aziz