Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-KTP 100 Persen, Foke Dapat Penghargaan Mendagri

Kompas.com - 30/04/2012, 13:29 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi atas pencapaian 100 persen perekaman KTP elektronik atau e-KTP secara massal di Jakarta. Dalam waktu sekitar enam bulan DKI Jakarta mampu merekam data 5,6 juta warganya.

"Angka ini setara dengan jumlah warga di lima provinsi di Indonesia. Karena ada provinsi yang penduduknya hanya 1 juta," kata Gamawan di Balaikota, Jakarta, Senin (30/4/2012).

Ia berharap keberhasilan DKI Jakarta ini mampu memotivasi provinsi lain untuk segera mengejar target rekam data e-KTP. Dengan demikian, pada akhir 2012 ini program e-KTP untuk seluruh masyarakat Indonesia dapat terwujud.

Ia menambahkan, rekam data e-KTP di Jakarta lebih sulit jika dibandingkan dengan provinsi lain. Mengingat warga Jakarta cenderung lebih sibuk dengan aktivitasnya dan terkadang enggan untuk meluangkan waktu datang ke kelurahan untuk melakukan pendataan e-KTP.

"Tapi nyatanya bisa berhasil. Bahkan, saya juga dengar di Jakarta Sabtu dan Minggu tetap memberikan pelayanan," ungkap Gamawan.

Di sela-sela sambutannya, ia juga menanyakan resep sukses Fauzi Bowo dapat menyelesaikan program rekam data e-KTP ini tepat waktu. "Apa kunci gubernur bisa sukses. Saya dan gubernur ini banyak kesamaan, nama sama, yang kedua dari segi kumis, karier kami sama-sama PNS," tuturnya.

"Tentunya saya yakin semua ini karena komitmen DKI yang luar biasa dan patut diberikan penghargaan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com