Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identitas Mobil Anas Jelas dan Terdaftar

Kompas.com - 29/04/2012, 15:01 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari hasil pemeriksaan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dipastikan, dua mobil yang dipakai Anas Urbaningrum dalam kesempatan berbeda, memiliki nomor polisi yang sah dan terdaftar. Nomor polisi B 1716 SDC yang sempat dipakaikan ke dua mobil tersebut, terjadi tanpa sepengetahuan Anas.

"Kami sudah melakukan pengecekan. Hasilnya, memang nomor itu, B 1716 SDC, pernah digunakan atau dipakaikan ke dua mobil berbeda, yakni di mobil Toyota Inova dan Toyota Vellfire, yang sempat ditumpangi Pak Anas. Yang melakukan hal itu sopir dari Pak Anas, atas inisiatif sopir itu sendiri," jelas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Minggu (29/4/2012) siang.

Menurut Rikwanto, sopir mengaku melakukan hal itu semata-mata inisiatif dirinya. Alasan sopir, ia merasa tidak nyaman karena dua mobil yang sering digunakan Anas Urbaningrum ini, nomor polisinya sudah sangat dikenali orang banyak, sehingga kerap dibuntuti kalangan tertentu.

"Sopir yang bersangkutan tidak dikenai sanksi, karena ketika kami melakukan pengecekan, nomor tersebut tidak sedang digunakan, begitu juga kedua mobil itu tidak sedang dipakai. Sejauh ini, tidak ada laporan dari pihak lain yang merasa dirugikan. Yang bersangkutan juga mematuhi perintah kami, untuk tidak menggunakan lagi nomor polisi yang tidak sesuai dengan identitas asli kendaraaanya," tutur Rikwanto.

Pengecekan terhadap mobil yang diduga kerap digunakan Anas Urbaningrum dengan nomor yang tidak semestinya, lanjut Rikwanto, setelah Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendapat informasi tersebut dari media massa, yang juga menampilkan fisik dua mobil dengan nomor yang sama.

Pemeriksaan atas dua mobil itu, tambahnya, dipastikan dua mobil itu memiliki nomor polisi masing-masing yang berbeda, yang dilengkapi dokumen kepemilikan yang sah, bukan "mobil bodong".

Nomor polisi sebenarnya dari Toyota Vellfire warna hitam tahun keluaran 2010 adalah B 69 AUD, atas nama Wasith Su Ady, dengan alamat Jakarta Pusat. Sementara untuk Toyota Inova, nomor polisinya adalah B 1584 TOM atas nama Irmansyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com