Kamis, 17 April 2014

News / Nasional

Aksi Hari Buruh, Polisi Akan Tampilkan Lawak

Sabtu, 28 April 2012 | 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2012, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akan dihadiri sekitar 100 ribu buruh di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Momentum itu dimanfaatkan untuk mendeklarasikan manifesto politik buruh, yang juga akan diramaikan dengan hiburan musik rock, Slank.

Untuk mendinginkan suasana acar tersebut, Polda Metro Jaya berinisiatif menampilkan hiburan lawak. "Ya, agar suasananya dingin dan tidak panas, Polda Metro akan menyumbang hiburan pelawak. Saya tidak tahu pelawaknya siapa, mungkin Srimulat atau apa," ujar Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Modofir kepada Kompas, Sabtu (28/4/2012).

Menurut Mudofir, meskipun akan dihadiri ratusan ribu buruh, acara itu akan dilakukan secara damai dan penjagaan aparat Polda Metro Jaya, selain juga pengamanan internal dari konfederasi para buruh, seperti Barisan Pelopor (Bapor) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Garda Metal Serikat Pekerja Indonesia (SPI), serta barisan buruh lainnya.

"Masyarakat jangan khawatir, buruh tetap menjalankan aksi secara damai," ujar Mudofir.

Ia menjelaskan, acara itu dilaksanakan oleh tiga konfederasi dari enam konfederasi yang ada, yang memiliki massa sekitar lima juta buruh di seluruh Indonesia. Ketiga konfederasi itu adalah SPSI, SPI, dan SBI.


Penulis: Suhartono
Editor : Nasru Alam Aziz