Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang 1 Mei, Buruh Tangerang "Pemanasan"

Kompas.com - 19/04/2012, 21:11 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa secara besar-besaran, akan dilakukan bertepatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei mendatang.

Menjelang peringatan yang dikenal pula dengan nama May Day itu, ratusan buruh Tangerang Raya melakukan "pemanasan", dengan melakukan konvoi kendaraan, pada Kamis (19/4/2012) ini. Aksi itu sebagai bentuk dari sosialisasi sebelum unjuk rasa pada May Day.

Aksi damai itu diawali dengan mengunjungi pabrik-pabrik, untuk membagikan selebaran berisikan tuntutan penerapan upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2012 sesuai revisi SK Gubernur Banten tentang UMK dan UMS, penolakan sistem kerja kontrak, hingga tetap menolak kenaikkan harga BBM.

"Hak buruh harus dikembalikan. Kesejahteraan buruh harus diperhatikan. Ini isu utama yang akan kita angkat dalam aksi besar-besaran yang akan datang," kata Koswara, Koordinator Lapangan Serikat Buruh/Serikat Pekerja (SB/SP) Tangerang Raya.

Sebagai contoh, sejak 2012 masih banyak pengusaha yang belum melaksanakan UMK 2012. "UMK ini adalah hak dasar buruh yang harus diperjuangkan," jelas Koswara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com