Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin Tanggung Semua Biaya Kesehatan Pak Raden

Kompas.com - 16/04/2012, 08:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat dalam benak kita, sosok Pak Raden yang dengan kumis lebat dan pakaian khas Jawa selalu bercerita melalui gambar atau bonekanya. Namun, pria yang aslinya bernama drs Suyadi itu kini sudah tak lagi sebugar dulu. Di usia senjanya yang sebentar lagi memasuki 80 tahun, pencipta film boneka "Si Unyil" ini harus berjuang melawan penyakit tuanya yakni keropos tulang.

Pak Raden terpaksa bertumpu pada sebuah tongkat kayunya untuk membantunya melangkah. Pemberitaan soal kondisi pak Raden dan perjuangannya untuk memperoleh hak cipta atas "Si Unyil" pun belakangan ini tengah mendapat sorotan media.

Mendengar kondisi prihatin yang tengah dialami pak Raden, Alex Noerdin yang kini menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta mengunjungi pak Raden pada Minggu (15/4/2012) malam di kediamannya, Jalan Petamburan III, Jakarta Barat. Alex dan Pak Raden sempat berbincang santai. Pak Raden menuturkan bahwa dengan kondisi kesehatannya yang kian menurun, ia selalu menjalani pengobatan.

"Ada perawatan dari dokter karena alternatif saya sudah kenyang. Makanya kembali ke dokter," ujar pak Raden.

Namun, pak Raden menuturkan bahwa dirinya agak kesulitan membiayai perawatannya itu lantaran obat-obatan yang sangat mahal. "Soal dokternya saya masih bisa bayar, tapi obat-obatannya itu mahalnya ampun-ampunan," kata Pak Raden.

Seniman yang kini sudah cukup sulit beraktivitas itu juga kesulitan uang lantaran tidak mendapat hak cipta dari tokoh boneka "Si Unyil" yang diciptakannya. Praktis, dengan kondisinya itu, Pak Raden hanya bisa mengandalkan penjualan hasil lukisan-lukisannya.

Ketika mendengar keluhan Pak Raden, Alex Noerdin langsung menyanggupi untuk menanggung semua biaya kesehatan pak Raden. "Sudah, kalau soal biaya rumah sakit tidak perlu dipikirkan lagi. Biar itu kami yang atur," tutur Alex.

Ia menambahkan, bantuannya itu dilakukan lantaran mengingat jasa pak Raden yang begitu besar. Anak-anak Alex bahkan adalah penggemar pak Raden. "Kalau sudah jam tayangnya Unyil, udah itu rapi di depan televisi," paparnya.

Selain memberikan bantuan biaya kesehatan, Alex juga sempat menawarkan jasa kuasa hukum kepada pak Raden. Anak ketiga Alex adalah seorang advokat yang spesialisasinya bergerak di bidang hak cipta.

"Kalau bapak mau, saya juga bisa atur biar anak saya saja yang mendampingi bapak untuk soal hak cipta ini," imbuh Alex. Pak Raden pun langsung sumringah mendengar janji bantuan itu. "Mimpi apa saya ini? Saya yakin banyak orang baik di dunia ini. Terima kasih," imbuh pak Raden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com