Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin Jenguk Pak Raden

Kompas.com - 16/04/2012, 01:55 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, menjenguk Drs Suhadi atau yang biasa dikenal dengan Pak Raden, Minggu (15/4/2012), di kediaman mungilnya di kawasan Petamburan, Jakarta Barat.

Pak Raden yang kian menua dan sudah sulit berjalan ini sempat membuat Alex terharu. "Saya terharu, prihatin, orang yang berjasa dari zaman dahulu TVRI hitam putih dalam dunia pendidikan anak-anak. Kini di usia yang menjelang 80 tahun, rumah pun ngontrak, dan kondisi kesehatan juga menurun," tutur Alex kepada para wartawan.

Dalam perbincangan santai selama satu jam, Alex yang datang didampingi tiga orang stafnya ini sempat bertanya soal keseharian Pak Raden, kondisi kesehatan, hingga kesulitan ekonomi yang kini tengah dihadapinya. Alex menuturkan bahwa dirinya mendukung usaha Pak Raden memperjuangkan hak cipta akan tokoh "Unyil" yang diciptakan Pak Raden.

"Seharusnya dia sudah kaya-raya sekarang berkat jasa-jasanya. Tapi, ternyata tidak ada satu pun uang yang ia terima hingga saat ini atas karyanya sendiri," papar Alex.

Alex sempat melihat ruang kerja Pak Raden yang hanya berukuran 1 x 3 meter. Di dalam ruangan itu terdapat belasan lukisan Pak Raden yang masih setengah jadi. Dengan jalan tertatih-tatih, Pak Raden pun menunjukkan caranya bekerja. Sesekali, Pak Raden mengembangkan senyuman khasnya. "Harap maklum. Rumah seniman, jadi ya berantakan begini. Ha-ha-ha," seloroh Pak Raden.

Kepada Alex, Pak Raden menuturkan bahwa dirinya meminta doa agar upayanya kini mengembalikan hak cipta bisa berjalan mulus. "Saya kesulitan dalam hak cipta, saya ingin hak cipta kembali ke saya karena selama ini saya tidak dapat keuntungan dari itu. Dulu pas jalan begitu mulus, tidak terpikirkan saya untuk urus begini, sekarang akhirnya jadi begini," tutur Pak Raden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com