Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baleendah Waswas Banjir Datang

Kompas.com - 05/04/2012, 18:41 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Warga Kecamatan Baleendah di Kabupaten Bandung mulai waswas karena luapan air dari Sungai Cisangkuy dan Citarum mulai menggenangi rumah mereka. Salah satu penyebabnya adalah hujan deras yang mengguyur Bandung Raya seharian ini.

Menurut data dari jaringan komunikasi lembaga swadaya masyarakat Barudak Baraya Cisangkuy Citarum (B2C2), salah satu titik banjir terletak di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah. Tercatat empat RW sudah mulai kebanjiran, seperti RW 06, RW 07, RW 09, dan RW 13.

"Ketinggian air berkisar 90 sentimeter hingga 1,2 meter. Air juga terus naik hingga kini," ujar Koordinator B2C2, Edi, Kamis (5/4/2012).

Kelurahan Andir terletak pada persimpangan Sungai Cisangkuy, yang datang dari arah Pangalengan dengan Sungai Citarum dari Kertasari. Bila dua sungai tersebut sama-sama meluap, airnya melimpas ke permukiman warga.

Dengan kondisi banjir seperti itu, bisa dipastikan daerah lain di Baleendah maupun kecamatan tetangga, Dayeuhkolot, juga banjir. Salah satu daerah rendah yang rawan banjir adalah RW 20 Kelurahan Baleendah yang sering disebut Kampung Cieunteung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com